«

»

Nov 23

FORUM PERANGKAT DAERAH / LINTAS PERANGKAT DAERAH PENYUSUNAN RENSTRA BPKAD TAHUN 2018 – 2023

Sesuai amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah, Perangkat Daerah wajib menyusun dokumen perencanaan Perangkat Daerah untuk 5 tahun berpedoman kepada RPJMD.

Renstra memuat tujuan, sasaran, program dan kegiatan bersifat indikatif. Dalam rangka penyusunan Renstra Perangkat Daerah tahun 2018-2023, BPKAD Kota Malang melaksanakan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah, yang merupakan wahana antar pihak-pihak yang langsung ataupun tidak langsung mendapatkan atau memiliki dampak dari program dan kegiatan Perangkat Daerah sebagai perwujudan dan pendekatan partisipatif perencanaan Perangkat Daerah.

Melalui Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah diharapkan BPKAD memperoleh penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan penyepakatan tentang isu-sisu strategis pengelolaan keuangan dan asset daerah, tujuan dan sasaran pelayanan, strategi dan kebijakan serta program dan kegiatan yang mendukung pencapaian indikator kinerja perangkat daerah.

Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah BPKAD dilaksanakan pada hari Jum’at Tanggal 23 November 2018 bertempat di hotel Gajahmada Graha Jalan Dr. Cipto No 17 Malang. Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah BPKAD di buka oleh Kepala BPKAD Kota Malang, Bapak Ir. SAPTO P. SANTOSO, MSi yang banyak mengangkat isu tentang Aset Daerah Kota Malang. Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah itu menghadirkan 2 narasumber, yaitu Bapak Dr. Rosidi, Ak., MM. dari Universitas Brawijaya, dan Bapak Amir Abdul Hakim dari Kantor Pertanahan Kota Malang. Materi pertama disampaikan Bapak Rosidi mengenai Pemanfaatan Teknologi Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah Sebagai Alternatif Mencegah Fraud dilanjutkan dengan materi yang kedua oleh Bapak Amir mengenai Tanah Aset Pemerintah Daerah dan ditutup dengan tanya jawab dan masukan dari para peserta. Ada beberapa masukan dari beberapa peserta yang menjadi isu strategis untuk kemajuan BPKAD ditahun yang akan datang.

Dengan adanya Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah ini diharapkan memberikan keluasan wawasan dan pengetahuan sebagai dasar pelaksanaan program dan kegiatan seluruh aparatur BPKAD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *